Pages

Saturday 2 January 2010

This is a plastic world

and everything is fake, nothing comes naturally, nothing is natural anymore. The people, the environment, the universe.

TET TOT! Openingnya terlalu berlebihan! :P

Tapi bener sih, topik kali ini adalah plastik. Tas plastik. Siapa yang nggak punya tas plastik yah? Meski ekonomi nggak merata, kesetaraan gender nggak sama, tapi yang semua orang punya pasti kantong plastik kresek. :D

Nggak perlu cerita embel-embel berlebihan soal kantong plastik yah, karena:
1. Semua udah tahu bahayanya, tapi nggak semuanya peduli lah..
2. Kantong plastik kan mempermudah banget, jadi sayang kalau dihilangkan. (percaya nggak percaya, hal ini udah kayak teknologi. Mempermudah, mematikan perlahan :D )
3. Iklan soal pencegahan kantong plastik sudah banyak. Dan banyak yang jadi angin lalu.
4. dll, dst :)

Sekarang kita lanjut ke arah pencegahan.

“Kantong plastik ramah lingkungan yang akan hancur dalam jangka waktu 2 tahun”, kata tulisan yang tertera di sebuah kantong plastik pusat belanjaan. Hmm. Itu sama kayak “kadar alcohol dalam minuman ini hanya 0,1%”. Intinya? Sama aja bahayanya.

Mau bilang Let’s Go Green kok akan terdengar lousy ya? Tapi coba cek yang berikut ini.

Mau bilang bahwa kita negara berkembang yang modern menurut saya nggak juga. Siapapun yang bilang kalau kita harus cinta negara sendiri dengan beberapa aksi nasionalisme membela negara ketika kedudukannya terancam, tapi tahu nggak kalau kebiasaan sehari-hari saat belanja pun lebih mengancam tanah air sendiri?

CMIIW, sudah pernah belum sih kita punya aksi Bring Your Own shopping bag yang sukses dijalankan? Atau mulai dijalankan? Mungkin pernah, tolong beritahu saya :) Terus.. situs-situs atau majalah yang sukses mengkampanyekan green living sehingga menggugah banyak orang seperti TreeHugger atau The Green Guide dari National Geographic?

People Come On!
*tampar-tampar pakai sandal jepit*

Imagine this ya, keren banget loh kalau kita belanja nggak pakai kantong plastik! :D Bayangin keluar masuk supermarket sambil bawa tas beginian:


COOL isn’t it? :)

Mungkin nggak perlu muluk2 melakukan hal yang berat-berat untuk mencintai dan menjaga lingkungan sampai harus terjun ke kali buat ikutan ngambilin sampah. Mulai dari diri sendiri aja. Dengan menganggap bahwa plastic bag isn’t cool at all, my own bag is! kita udah bisa ikutan bantu bumi kok :)

Once again, it’s all in your mind.

Cheers!!

images credit here

No comments:

Post a Comment

tell me what you think!